Friday, June 18, 2010

Kenapa 80 kts Penting..!! (Boeing)

I'm back....
Ulasan hari ini buat para intial training B737 ...saya coba memberikan penjelasan dengan bahasa ibu agar (mungkin) bisa dimengerti.
Pada saat kita memberikan briefing sebelum melakukan penerbangan kita selalu mengatakan "call me 80...". Phraseologi tersebut bermakna ada sesuatu yang penting pada angka tersebut. Pada FCTM (Flight Crew Training Manual) disebutkan bahwa lepas landas harus dibatalkan (reject take off) pada atau kecepatan pesawat di angka 80 knots apabila terdapat kondisi seperti dibawah ini :

• master caution system menyala (ada lampu merah di MCP panel) lihat diagram.
• salah satu atau lebih sistem pesawat rusak
• suara yang tidak biasanya atau aneh atau getaran yang tidak seperti biasanya pada pesawat
• ban meletus
kecepatan atau akselerasi berkurang dengan takeoff power yang tidak berubah
• konfigurasi take off menunjukkan idikator tidak aman
• kebakaran atau sistem sinyal kebakaran menyala
• mesin pesawat mati
• jika pesawat tidak aman dan tidak bisa dikendalikan untuk terbang.


Jika salah satu dari kondisi tersebut ditemukan pada saat kita sebelum atau mencapai angka 80 knots maka diharuskan untuk membatalkan take off. Angka 80 juga memberikan peringatan apakah airspeed indicator kita bekerja atau tidak. Demi keselamatan diharuskan hal tersebut diperhatikan...biar cepet lulus juga kali yaa.....
Inilah mengapa angka 80 tersebut penting. Beberapa syarat diatas sangat membantu kita untuk memutuskan kapan untuk membatalkan take off atau tetap melanjutkan penerbangan. Biasanya para instruktur suka iseng menanyakan hal ini. So...rekan-rekan initial training mudah-mudahan dapat terbantu.. Selamat terbang...!!

No comments:

Post a Comment