Sunday, May 15, 2011

Komponen Pesawat (Aircraft Structure)

Pesawat terdiri dari banyak bagian terutama pesawat-pesawat modern. Pada dasarnya komponen pesawat terbagi atas beberapa bagian besar untuk mempermudah pemahaman tentang pesawat. Perhatikan gambar di bawah

Sebuah pesawat terdiri atas POWER PLANT, FUSELAGE, WING, EMPENAGE dan LANDING GEAR. Masing-masing dari bagian itu mempunyai peranan yang sangat penting dalam penerbangan.

POWER PLANT



Bagian ini merupakan sumber tenaga dari pesawat yang termasuk didalamnya adalah propeler dan mesin itu sendiri. Untuk mesin jet tidak menggunakan propeler diluar tetapi terdapat bilah-bilah kipas untuk kompresi udara. Mesin memutar propeler yang menghasilkan daya dorong sehingga pesawat bisa bergerak ke depan dan akhirnya terbang, ini disebut THRUST. Mesin juga menghasilkan tenaga listrik dan juga sumber tenaga untuk instrumen pesawat.

FUSELAGE

Ini merupakan badan dari pesawat yang mampu untuk menahan beban dari sayap, mesin dan bagian ekor pesawat. Pada bagian ini terdapat ruangan untuk pilot, penumpang dan bahkan ruang untuk penyimpanan bagasi dan kargo bahkan untuk pesawat besar terdapat penyimpanan bahan bakar di bagian perut pesawat..

WING 
Wing atau sayap merupakan bagian yang mampu menopang berat dari seluruh pesawat dengan sehingga pesawat bisa melayang atau bisa terbang dengan memanfaatkan perbedaan tekanan udara di bawah sayap dan diatas sayap. Berbagai bentuk sayap mulai dari yang konvensional hingga yang berbentuk delta pada pesawat modern memberikan keuntungan tertentu bagi tiap model sayap. Pada sayap terdapat beberapa bagian seperti flaps(sayap tambahan), spoiler(bisa dikatan sebagai alat pengereman udara), tangki bahan bakar, aileron (pengendali untuk berbelok arah).

EMPENAGE
Bagian belakang dari pesawat dinamakan empenage, bagian ini terdiri dari elevator(kendali naik turun pesawat), rudder (kendali berbelok hidung pesawat), dan beberapa penyeimbang horizontal dan vertikal. Bagian-bagian tersebut merupakn hal penting agar pesawat tidak berbelok kearah yang tidak beraturan atau yang tidak diinginkan sehingga pesawat terbang dengan sempurna.

LANDING GEAR
Roda pendaratan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan, ini berfungsi agar pesawat bisa berjalan diatas landasan (taxy) sebelum lepas landas (take off roll) dan juga untuk pendaratan (landing). Beberapa pesawat landing gear tidak dapat dinaikkan untuk disimpan di badan pesawat, tetapi untuk beberapa pesawat komersial bisa dipastikan semua roda pendaratan bisa dinaikkan dan disimpan di badan pesawat. Hal ini berpengaruh pada aerodinamis pesawat dan juga konsumsi bahan bakar.

No comments:

Post a Comment