Monday, February 22, 2010

Fatique Inflight

Sukses nya suatu penerbangan didukung oleh banyak faktor pendukung, salah satu nya adalah konsentrasi crew dalam penerbangan tersebut. Untuk case ini kita menilik kemampuan konsentrasi penerbang dalam penerbangan tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsentrasi dan kondisi fatique diantaranya:
1. Kualitas tidur
Bagaimanapun juga tidur merupakan keadaan dimana tubuh beristirahat dari berbagai aktifitas dan mengembalikan kebugaran tubuh yang lelah. Perubahan siklus tidur yang mendadak dapat juga mempengaruhi kualitas tidur kita. Tidur yang terlalu sering juga tidak menjamin kualitas tidur yang baik.
2. Persoalan Sosial
Lingkungan yang tidak nyaman dapat mempengaruhi emosi kejiwaan, misal marah dengan pasangan, anggota keluarga yang meninggal, jadwal penerbangan yang mendadak tanpa konfirmasi lanjutan dll. Emosi tersebut bila tidak redam akan mengganggu pekerjaan crew.
3. Kebiasaan hidup
Dalam kehidupan berbagai ragam kebiasaan yang kita anut ada yang baik ada juga yang tidak sesuai dengan keadaan yang lazim. misal tidur yang larut sementara jadwal penerbangan take pukul 6 pagi, minum minuman keras yang terlalu banyak, konsumsi obat2 an yang berlebihan dll.

Banyak hal yang bisa kita hindari dari kebiasaan buruk tersebut untuk meningkatkan kualitas penerbangan kita. Paling tidak kita bisa landing selamat dan dapat bertemu keluarga tercinta di rumah tanpa insiden. Pegang teguh moto No Room For Error In Flight. have a nice flight....!!
before being a pilot 

No comments:

Post a Comment